Lifestyle

Manfaat Minum Susu Kalsium Untuk Tulang Orang Dewasa

susu kalsium untuk tulang dewasa

Memasuki usia remaja dan dewasa, banyak orang memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi susu. Pasalnya, banyak orang menganggap kebiasaan minum susu identik dengan anak kecil dan bayi. Padahal, orang dewasa juga butuh asupan susu.

Rutin minum susu sering dianjurkan untuk anak-anak saja. Karena dalam masa pertumbuhan, anak membutuhkan asupan nutrisi terbaik. Namun, mengonsumsi susu kalsium untuk tulang dewasa setidaknya satu gelas sehari juga dibutuhkan.

Apa Manfaat Minum Susu Kalsium Pada Orang Dewasa?

  1. Mencegah Osteoporosis

Susu memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Hal ini penting untuk mencegah osteoporosis alias pengeroposan tulang. Meski penyakit ini sering ditemukan pada usia lanjut, namun penyebabnya sudah menimbun sejak usia muda. Salah satu alasannya adalah mengonsumsi kalsium dari susu.

  1. Mencegah Penuan Dini

Salah satu manfaat rutin mengonsumsi susu adalah mencegah penuaan dini pada kulit. Karena rutin mengkonsumsi susu justru dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, salah satu penyebab penuaan dini pada orang dewasa.

Selain penuaan dini, serangan radikal bebas yang berlebihan juga dapat mengganggu produksi hormon dan pada akhirnya dapat menurunkan daya ingat dan penglihatan.

  1. Hindari Dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika cairan tubuh yang keluar jauh lebih banyak daripada cairan yang masuk. Hal inilah yang kemudian menyebabkan orang tersebut mengalami kekurangan cairan. Seringkali, orang yang mengalami dehidrasi disarankan untuk minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang.

Nah, ternyata susu juga bisa jadi pilihan pengganti cairan tubuh. Rutin mengkonsumsi susu yang tinggi kalsium dan juga air dikatakan dapat membantu menghidrasi tubuh secara maksimal.

  1. Mencegah Obesitas

Salah satu alasan orang berhenti minum susu adalah karena takut gemuk. Karena susu diketahui mengandung lemak. Tak jarang, sejumlah metode diet pun menyarankan para pengikutnya untuk menghindari konsumsi asupan yang satu ini.

Namun ternyata, jika dikonsumsi dengan benar susu justru bisa mencegah seseorang menjadi gemuk. Padahal, sederet kandungan nutrisi dalam susu bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Seperti kandungan vitamin, lemak, hingga protein.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.