Superskor

PROFIL Pedri: The Next Iniesta, Pemain Muda Terbaik Euro Itu Kini Bidik Medali Emas Olimpiade Tokyo

PEDRI bersinar begitu terang di Euro 2020 hingga didapuk sebagai pemain muda terbaik. Gelandang Spanyol berusia 18 tahun ini sekarang mengalihkan perhatiannya ke ajang Olimpiade 2020 di Jepang yang untuk cabang sepak bola mulai digelar 21 Juli 7 Agustus mendatang. Tim La Furia Roja kabarnya sudah mendarat di Kobe, Jepang, dan telah mulai latihan perdana kemarin.

Ditukangi Luis de la Fuente, tim Spanyol U 21 ini terdiri dari 22 pemain, dengan enam di antaranya adalah pemain di tim Spanyol untuk Euro 2020. Keenam pemain itu adalah Unai Simon, Eric Garcia, Pau Torres, Dani Olmo, Mikel Oyarzabal, dan Pedri. Mereka bergabung dengan para pemain lain yang sudah lebih dulu berkumpul dalam pemusatan latihan selama 13 hari di Alicante. Pedri didapuk sebagai pemain muda terbaik karena memang tampil fenomenal. Statistik gelandang Barcelona ini menjadi petunjuk kuat kecemerlangannya selama berada di lapangan.

Pedri tercatat bermain dalam enam laga Spanyol dengan durasi 629 menit, tanpa tergantikan sebagai starter. Tingkat kematangan emosinya patut dipuji karena dia tak pernah mendapatkan kartu kuning, apalagi kartu merah. Pemain bernomor punggung 26 ini punya akurasi umpan mumpuni yakni 429/465, dengan 92 persen operannya terbilang akurat. Dari 429 operan akurat itu terbagi menjadi 47 kali operan panjang, 273 operan menengah, dan 109 operan pendek. Jadi, operan paling banyak yang dilepaskannya adalah umpan pendek.

Kecepatan maksimal Pedri dari enam pertandingan itu yang terekam paling cepat adalah 30,4 kilometer per jam. Ia hanya melakukan pelanggaran tiga kali, dan dilanggar sebanyak 13 kali. Fabio Capello salah satu anggota UEFA Technical Observer menyebut Pedri adalah penemuan terbesar di Euro 2020. "Luis Enrique (pelatih Timnas Spanyol) telah membangun tim yang sangat muda, dengan masa depan cerah. Pedri termasuk penemuan terbesar. Bagi saya Pedri adalah pemain sepak bola yang spektakuler," kata Capello.

Di mata pelatih Spanyol, Luis Enrique, Pedri adalah anugerah bagi Spanyol. ”Yang sudah dilakukan Pedri, di usianya yang masih 18 tahun, tidak ada yang bisa melakukannya. Sekalipun itu Andres Iniesta. Pedri sangat unik dan luar biasa,” kata Enrique kepada Sky Sports. Karena ketrampilannya di lini tengah, Pedri lekat dengan julukan "The Next Iniesta". Iniesta adalah legenda di Barcelona, dan juga timnas Spanyol. Partnernya, yang juga seorang legenda, Xavi Hernandez mengamini talenta luar biasa Pedri.

Namun, katanya, perbandingan dengan Iniesta itu jangan terlalu dibesar besarkan, agar jangan sampai menjadi bumerang. "Pedri memang telah memperlihatkan kedewasaan, dan kematangan dalam usia 18 tahun. Keputusan yang tepat, dan ketenangan, itu dua hal yang sulit untuk dilatih. Mungkin itu sebuah berkah, sebuah bakat bawaan. Anda harus memanfaatkan, dan menikmatinya," kata Xavi. Xavi mendukung keputusan Pedri ikut membela La Furia Roja di ajang Olimpiade. Menurutnya, kesempatan itu mungkin tak akan didapatnya di masa depan. Dan mewakili negara di ajang multi cabang itu akan jadi pengalaman sangat berharga.

"Jika saya Pedri, saya akan ambil kesempatan ke Olimpiade. Kesempatan itu tak akan datang kembali. Dia berusia 18 tahun, dan pasti selalu ingin bermain. Pergi ke Olimpiade adalah kesempatan langka. Dia pasti sangat semangat," ujar Xavi yang kini jadi manajer klub di Qatar, Al Saad ini. Pemain bernama lengkap Pedro Gonzalez Lopez ini menerima panggilan pertamanya ke timnas senior Spanyol menjelang kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Yunani, Georgia, dan Kosovo. Pada tanggal 25 Maret 2021, dia melakukan debut seniornya sebagai pemain pengganti pada menit ke 64 dalam hasil imbang 1 1 melawan Yunani. Penampilan apiknya bersama Barcelona selama musim 2020 2021, membuat pelatih Spanyol, Luis Enrique terpincut .

Nama lengkap: Pedro Gonzalez Lopez Panggilan: Pedri Tempat, tanggal lahir: Tegueste, Spanyol, 25 November 2002

Kewarganegaraan: Spanyol Usia: 18 tahun Tinggi badan: 174 cm

Posisi: Gelandang Klub: Barcelona Karier klub:

2019 2020 Las Palmas 2020 Sekarang Barcelona 2019 Spanyol U 17

2019 Spanyol U 18 2020 Spanyol U 29 2020 2021 Spanyol U 21

2021 Spanyol Main 629 menit

Pelanggaran 429/465 umpan akurat 92 % umpan akurat

47 umpan jauh (11%) 273 umpan sedang (64%) 109 umpan pendek (25%)

30,4 km/jam kecepatan maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published.